Cara Setting Java di Windows

java command prompt

Setelah menginstal Java, kita harus memeriksa apakah Java diinstal dengan benar. Tandanya, saat kita membuka command prompt dan mengetikkan java -version, akan muncul notifikasi versi Java yang terinstal seperti gambar di bawah ini:

prompt perintah java
Versi Java Muncul di Command Prompt

Jadi jika tidak, maka kita harus melakukan pengaturan tertentu agar bisa digunakan pada command prompt. Untuk pengguna Windows 8, 8.1, atau Windows 10, Anda dapat mengklik kanan ikon Windows (atau pojok kiri bawah) lalu mengklik System. Kemudian pilih Advanced system Settings, lalu pada tab Advanced, pilih Environment Variable.

Perhatikan bagian Variabel sistem, ada entri bernama Path, klik Edit dan tambahkan path Java Anda ke sana.

variabel sistem
Variabel Sistem

Untuk versi Java (Java 8) saat ini, seingat saya, saya tidak perlu menambahkan jalur karena sudah dikonfigurasi secara otomatis selama proses instalasi. Tapi jika tidak ada, biasanya pathnya ada di C: Program Files Java jdk1.8.0_65 bin

Jangan lupa saat menambahkan kita harus memperhatikan tanda titik koma (;) sebagai pemisah antara satu jalur dengan jalur aplikasi lainnya.

Setelah itu klik OK dan tutup semua jendela yang terbuka. Jangan lupa tutup command prompt terlebih dahulu kemudian buka kembali agar path yang baru ditambahkan terbaca. Kemudian ketik java -version.

Selamat, Anda telah berhasil mengatur Java di Windows.

Posting Cara mengatur Java di Windows muncul pertama kali di Azuharu ~ Mimpi Lain.

Baca:  Program Pengirim Email Sederhana Via Gmail SMTP dengan Koneksi TLS Berbasis Java-Netbeans