Hadapi Persaingan, Trio Lumbantoruan: by.U Ingin Fokus Menjadi Happiness Factory Bagi Pelanggan

Hadapi Persaingan, Trio Lumbantoruan: by.U Ingin Fokus Menjadi Happiness Factory Bagi Pelanggan

Jakarta, Selular.ID – Minggu ini industri telekomunikasi Indonesia memiliki pemain baru. Is Live.On dari XL Axiata yang resmi debut pada 6 Oktober 2020.

Dengan hadirnya Live.On, kini Indonesia memiliki tiga operator yang dikategorikan sebagai operator digital. Masyarakat sudah bisa menikmati layanan by.U dari Telkomsel, lalu Power Up dari Smartfren, dan yang terbaru Live.On dari XL Axiata.

Jika Anda sudah menggunakan salah satu layanan di atas, Anda mungkin sudah mengetahui bahwa ketiganya menawarkan layanan yang serba digital. Pelanggan dapat memesan kartu SIM, membayar, mengaktifkan, mengontrol paket, dan menghubungi layanan pelanggan dari satu aplikasi. Tidak perlu mengunjungi gerai resmi operator.

Sebagai operator terkemuka di ranah digital, by.U jelas diuntungkan dalam banyak hal, dibandingkan dengan kedua pesaingnya. Pertama, berada di bawah naungan Telkomsel, dan kedua, debutnya satu tahun lalu. Sejak pertama kali diluncurkan pada Oktober 2019, hingga saat ini by.U telah diunduh oleh sekitar 3,5 juta pengunduh di AppStore & Google Playstore.

Untuk mengungkap strategi UU dalam menghadapi persaingan yang semakin padat, Selular berbincang dengan Trio Lumbantoruan selaku Vice President by.U.

Dibandingkan operator sejenis, kata Trio by.U memiliki keunggulan signifikan dalam hal mendengarkan, memahami, dan mewujudkan aspirasi pelanggan. Hal ini dilakukan untuk mendiversifikasi produk dan mengembangkan fitur agar dapat lebih memenuhi kebutuhan dan preferensi Gen Y&Z. Ia juga menegaskan bahwa by.U akan tetap fokus menjadi pabrik kebahagiaan bagi pelanggan.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang percakapan Selular tentang performance by.U, berikut petikan wawancara kami dengan Trio Lumbantoruan.

1. Bagaimana cara memperbarui kinerja by.U?
Sejak pertama kali diluncurkan pada Oktober 2019, hingga saat ini by.U telah diunduh oleh sekitar 3,5 juta pengunduh di AppStore & Google Playstore.

by.U diluncurkan oleh Telkomsel sebagai layanan seluler prabayar serba digital pertama di Indonesia. Konsep ini sengaja dibuat mengikuti perubahan karakteristik pasar anak muda di Indonesia yang semakin melek digital dan nyaman menggunakan layanan berbasis aplikasi. Apalagi dengan kondisi pandemi yang membuat masyarakat dibatasi untuk keluar rumah, customer journey yang dibangun oleh U dapat memudahkan pelanggan dalam menikmati layanan selulernya. Hal inilah yang pada akhirnya membawa Telkomsel semakin dekat dan relevan dalam melayani anak muda di Indonesia.

Dengan dukungan berbagai mitra pengiriman, Indomaret sebagai mitra titik penjemputan nasional, dan berbagai merchant sebagai mitra titik penjemputan lokal, by.U telah melayani distribusi kartu SIM di lebih dari 386 kota dan kabupaten di Indonesia.

2. Apa demografi pelanggan by.U saat ini?
Pelanggan By.U berasal dari berbagai kota dan wilayah di Indonesia. Sebanyak 70% pengguna by.U merupakan segmen Gen-Z yang berada di rentang usia 15-25 tahun.

3. Apa karakteristik pengguna by.U?
Seperti kita ketahui, Gen Y&Z di Indonesia memiliki karakter yang sangat unik dibandingkan generasi lainnya. Mereka sudah terbiasa menjalani kehidupan sehari-hari dengan internet dan smartphone di genggamannya, sehingga berbagai layanan berbasis aplikasi menjadi bagian penting dalam kehidupan untuk memudahkan mereka dalam mendapatkan kebutuhannya.

Kemudahan dalam mengakses berbagai informasi membuat generasi ini semakin berpengetahuan dan kritis. Mereka cenderung memiliki preferensi yang lebih unik untuk keinginan dan kebutuhan mereka daripada generasi sebelumnya, sehingga layanan yang dipersonalisasi lebih disukai oleh pelanggan dari generasi ini.

Oleh karena itu, konsep produk by.U yang seperti boba alias bubble tea cukup digandrungi oleh generasi Y&Z. By.U membebaskan pelanggan untuk dapat memilih kuota data utama, ditambah kuota topping sesuai aplikasi favoritnya.

Baca:  Telkomsel Gelar Tech Titans League, Cari Talenta Unggul di Bidang TI

4. Paket mana yang lebih disukai pelanggan by.U?
Secara umum terdapat 3 karakteristik pelanggan by.U yang tercermin dari jenis kuota yang mereka beli. Pertama, pelanggan yang mengutamakan kecepatan internet dan kuota besar, sehingga Kuota yang Menambah 10 GB / 30 hari / Rp 50.000 dan 23 GB / 30 hari / Rp 100.000 menjadi kuota favorit.

Kedua, pelanggan yang membeli sedikit tapi kuota sering, sehingga cenderung lebih memilih kuota dengan GB dan masa berlaku lebih kecil ditambah kuota topping yang lebih hemat kantong.

Ketiga, kelompok pelanggan yang lebih memilih kuota Yang Make Aman Jaya, dimana pelanggan akan mendapatkan kuota tanpa batasan GB namun dibatasi dengan kecepatan maksimal 1,5 Mbps. Meski kecepatannya tidak terlalu cepat, mereka merasa internet aman semaunya tanpa batasan GB.

5. Dengan pandemi, apakah ada perubahan target?
Secara umum, konsep layanan seluler serba digital yang diusung oleh U berangkat dari karakteristik pelanggan yang lebih nyaman menggunakan layanan berbasis aplikasi. Apalagi dengan kondisi pandemi yang membuat masyarakat dibatasi untuk keluar rumah, customer journey yang dibangun oleh U dapat memudahkan pelanggan dalam menikmati layanan selulernya. Hal ini berdampak baik pada bisnis by.U, seperti yang tercermin dalam peningkatan eksponensial dalam jumlah unduhan selama 7 bulan terakhir.

6. Apa target tahun depan?
Target utama kami adalah menjadi teman yang lebih baik bagi pelanggan by.U di seluruh Indonesia dengan mendengar dan memahami lebih banyak tentang keinginan mereka. Peningkatan jumlah pelanggan secara eksponensial merupakan tantangan tersendiri untuk memenuhi semua aspirasi yang datang. Namun semangat utama kami adalah membuat by.U paling banyak oleh Anda untuk terus menjadi fondasi utama gerakan bisnis by.U.

Selanjutnya, by.U akan terus meningkatkan kinerja layanan by.U secara keseluruhan. Berbagai masukan dan kritik yang kami terima dari pelanggan kami kemudian dirumuskan menjadi action plan dan dilanjutkan ke tahap iterasi dan pengembangan fitur dan penawaran baru. Harapannya, by.U akan memberikan kenyamanan dan kebahagiaan yang lebih besar kepada penggunanya.

Terakhir, untuk memberikan kemudahan dan kemudahan, kami akan terus mengembangkan titik distribusi dan opsi pembayaran di lebih banyak saluran. Dengan begitu, lebih banyak pelanggan yang dapat mencoba dan menikmati layanan by.U

7. Dibandingkan dengan operator digital sejenis, apa keunggulan by.U?
Meski konsep penyedia serba digital sedang naik daun di industri telekomunikasi, by.U memiliki keunggulan signifikan dalam hal mendengarkan, memahami, dan mewujudkan aspirasi pelanggan. Ini dilakukan untuk mendiversifikasi produk dan mengembangkan fitur agar dapat lebih memenuhi kebutuhan dan preferensi gen Y & Z.

Selain itu dengan menjadi brand yang bisa mendengarkan dan memahami, by.U juga dianggap sebagai brand yang lebih manusiawi dalam berkomunikasi dengan pelanggannya. Hal inilah yang menjadikan by.U memiliki nilai kepuasan pelanggan dan Net Promotor Score (NPS) di atas rata-rata industri telekomunikasi Indonesia.

8. Bagaimana strategi by.U dalam menghadapi persaingan antar penyedia digital yang sedang berkembang di Indonesia?
Tidak ada strategi khusus. by.U akan tetap fokus untuk menjadi pabrik kebahagiaan bagi pelanggan kami. Kami berkomitmen untuk selalu mendengarkan, memahami, dan mewujudkan aspirasi pelanggan agar layanan kami dapat sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pelanggan. Sebab, itulah semangat awal mengapa by.U dibangun. Karena hanya by.U's by you.

Postingan Menghadapi Persaingan, Trio Lumbantoruan: by.U Ingin Fokus Menjadi Pabrik Kebahagiaan untuk Pelanggan muncul pertama kali di Selular.ID.