Pesan Psikolog Terhadap Bahaya Pakai Gadget Pada Anak Usia Dini

Bahaya gadget bagi anak usia dini

Kitakini.news – Psikolog Kota Medan Irna Minauli mengimbau agar orang tua tidak memberi dawai pada anak-anak mereka sejak usia dini. Bahaya gadget untuk anak selain dapat membuat anak ketagihan, juga bisa mengganggu perkembangan mental anak.

“Sekarang semuanya serba instan, inilah yang membuat para ibu sering menggunakannya dawai untuk mendidik anak, "ujarnya.

"Sumber dari Yayasan kami dan anak-anak kami juga Asosiasi Psikiatri Amerika disebutkan, bahwa durasi maksimal anak bermain dawai berdasarkan usia, adalah usia 0-2 tahun: 0 menit, usia 3-6 tahun: 10-20 menit, usia 7-10 tahun: 20-60 menit, usia 11-12 tahun: maksimal 2 jam. Padahal, anak di bawah usia 2 tahun tidak boleh dikenalkan dengan gadget sama sekali, ”jelas Irna kepada Kitakini.news, Kamis (17/1/2019).

Baca juga: Anak-anak menggunakan ponsel seperti halnya mengonsumsi narkoba.

Gadget Bahaya Bagi Anak Jika Digunakan Terlalu Lama

Jika melebihi waktu tersebut, kata Irna, maka bersiaplah menghadapi berbagai masalah yang mungkin muncul, seperti keterlambatan bicara.

Selain itu, kata Irna, bisa terkena rentang perhatian yang rendah, yang menyebabkan ADHD (Gangguan hiperaktif kurang perhatian), anak yang selalu menunda pekerjaan (penunda) dan bahkan mengembangkan gangguan perilaku (gangguan perilaku) yang jika tidak ditangani dengan baik dapat menyebabkan psikopat (gangguan kepribadian anti-sosial) karena mereka tidak dapat mengembangkan empati.

Oleh karena itu, penggunaan gadget, terutama pada anak-anak, harus dikontrol oleh orang tua sebelum anak dapat dikontrol olehnya dawaidia, "kata Irna.

Baca Juga: Ini Solusi Cerdas Atasi Kecanduan Main Game pada Anak.

Berdasarkan penelitian dalam prakteknya, kata Irna, diketahui ada anak atau seseorang yang memanfaatkan dawai lebih dari 3 jam perhari, maka dikategorikan mengalami kecanduan dawai. Hal ini tentunya akan berpengaruh pada perkembangan anak.

Baca:  Seperti Inilah Tampang Smartphone OPPO K7x yang Siap Diluncurkan

Reporter: Dewi Lubis
Editor: Khairul Umam

Postingan Pesan Psikolog Melawan Bahaya Penggunaan Gadget pada Anak Usia Dini muncul pertama kali di Kitakini News.