Razer Blade Stealth 13 (2020), Laptop Gaming dengan Prosesor Intel 11th Gen & Layar 4K OLED

Razer Blade Stealth 13
Razer Blade Stealth 13

Ddikenal sebagai perusahaan teknologi yang fokus merilis produk gaming untuk konsumen, Razer Inc. belum lama ini menggelar acara virtual bertajuk RazerCon 2020, sebuah "hajatan untuk para gamers" dari Razer. Selain menggelar lomba berhadiah, pada acara tersebut Razer juga menghadirkan beberapa perangkat baru, termasuk laptop.

Punya beberapa seri laptop gaming, kali ini Razer mengupdate seri ultrabooknya yaitu Razer Blade Stealth 13. Laptop ini menarik perhatian para gamers, terutama yang sering berpergian, mengingat ini merupakan ultrabook gaming pertama (dan satu-satunya) di dunia. Meski tipis, kali ini Razer telah mengupgrade prosesor dan spesifikasi layar dengan OLED.

Baca juga: Razer dan Samsung Akan Gelar Turnamen SEA-Invitational Esports 2020

Razer Blade Stealth 13 (2020) Kinerja 2,7 Kali Lebih Cepat

Razer Blade Stealth 13

Layaknya laptop baru yang dirilis beberapa bulan terakhir ini, Razer Blade Stealth 13 diperbarui dengan prosesor generasi ke-11 dari Intel. Tepatnya, quad-core Intel Core i7-1165G7 dengan clockspeed 2.8GHz hingga 4.7GHz. Prosesor ini menggunakan voltase 28 watt, naik dari sebelumnya (25 watt) dan sudah setara dengan seri MacBook Pro terbaru Apple.

Dipasangkan dengan grafis NVIDIA GeForce GTX 1650Ti (Max-Q), Razer mengklaim bahwa generasi terbaru ini dapat memberikan peningkatan hingga 2,7 kali lipat dalam pembuatan konten, dan 20% lebih cepat untuk penggunaan produktivitas kantor. Razer Blade Stealth 13 (akhir 2020) juga memiliki RAM LPDDR4x 16 GB dan penyimpanan PCIe M.2 512 GB yang dapat ditingkatkan.

Semua fitur performa tinggi dari ultrabook ramping Razer hadir dalam ketebalan hanya 15,3mm, dan berat sekitar 1,4 kilogram. Sama seperti versi sebelumnya, laptop ini hadir dalam dua pilihan layar yaitu versi layar sentuh dan non layar sentuh. Bagi para gamer, akan lebih cocok memilih opsi non-touch dengan permukaan kaca matte.

Baca:  Nokia 8.3 5G Memulai Perjalanannya di Pasar Global

Razer Blade Stealth 13 (2020)

Memiliki resolusi full HD +, panel non-touch screen memiliki kecepatan refresh yang tinggi hingga 120Hz. Sedangkan untuk pembuat konten, sudah disiapkan opsi layar sentuh OLED beresolusi 4K. Layarnya memenuhi standar warna DCI-P3 100%, dan dilapisi dengan Gorilla Glass. Cocok untuk editor video dan foto yang membutuhkan akurasi warna tinggi.

Untuk faktor keamanan, webcam yang disiapkan di layar dengan resolusi 720p juga dipasangkan dengan kamera infra merah yang berfungsi untuk mendeteksi wajah untuk keperluan Windows Hello. Meski tipis, port yang dimiliki terbilang cukup lengkap. Ada total empat port USB, dengan dua USB-A 3.1 Gen 2, dan dua USB-C yang mendukung standar Thunderbolt 4, plus jack audio combo 3,5 mm.

Untuk keyboardnya sendiri tentunya sudah dilengkapi dengan Razer Chroma (lampu latar warna keyboard khas Razer) dengan anti ghosting. Razer Blade Stealth 13 juga memiliki total empat speaker stereo dengan efek THX Spatial Audio, untuk pengalaman gaming yang imersif tanpa menggunakan headphone tambahan.

Harga Razer Blade Stealth 13 (2020)

Razer Blade Stealth 13 (2020)

Razer Blade Stealth 13 (2020) akan dijual mulai Oktober 2020 di situs resminya, dan toko retail lainnya selama musim gugur 2020. Harga mulai dari USD1.799 atau sekitar Rp 26 jutaan untuk varian non-touch, dan USD1.999 (Rp.29 juta). untuk varian OLED.

Selain memperkenalkan laptop baru, pada ajang RazerCon 2020 juga diperkenalkan beberapa aksesoris pelengkap untuk bermain game. mulai dari mikrofon desktop Razer Seiren Mini, headphone Razer Kraken BT Kitty Edition, sasis gaming untuk CPU dan kursi khusus untuk para gamer yaitu Razer Iskur Gaming Chair.