Wajib Tahu, Inilah Jenis-Jenis KITAS yang Terdapat di Indonesia

Wajib Tahu, Inilah Jenis-Jenis KITAS yang Terdapat di Indonesia

Saat mengunjungi negara lain, setiap orang pasti akan diharuskan memiliki visa yang berfungsi sebagai sarana izin untuk masuk ke negara tersebut. Visa akan diperoleh pada saat kedatangan di suatu negara untuk waktu yang terbatas. Namun, visa tersebut hanya berlaku dalam hitungan hari karena ditujukan untuk kunjungan singkat. Jika seseorang ingin tinggal lebih lama, dia harus bersiap KITAS.

Definisi KITAS

Lalu, apa yang dimaksud dengan KITAS? KITAS atau kependekan dari Kartu Izin Tinggal Terbatas adalah dokumen yang berfungsi sebagai izin tinggal di Indonesia bagi warga negara asing untuk jangka waktu satu tahun. Untuk selanjutnya, KITAS ini harus diperbarui setahun sekali. KITAS dibutuhkan ketika seseorang ingin bekerja dan lama tinggal di Indonesia sebagai orang asing.

Setelah ekspatriat mendapatkan KITAS, mereka bisa tinggal secara legal di Indonesia. Ketika seorang warga negara asing tinggal atau tinggal lebih lama dari jangka waktu kunjungan dengan visa, mereka dapat dikenai tindakan kriminal berupa pidana penjara maksimal 5 tahun dan denda hingga 37.000 USD atau setara dengan Rp 500.000.000,00.

Jenis KITAS

  1. Izin Kerja KITAS

Jenis pertama adalah KITAS izin negara. KITAS ini harus disponsori oleh organisasi atau perusahaan yang sudah terdaftar di Indonesia. Beberapa di antaranya adalah kantor perwakilan, lembaga publik, perusahaan swasta, PT, atau PT PMA. Biasanya sebelum mendapatkan KITAS, orang tersebut akan diminta untuk mendapatkan IMTA atau izin kerja dengan mengonfirmasi posisi dan lokasi pekerjaan di perusahaan sponsor di atas.

Posisi pekerjaan akan mempengaruhi penetapan durasi KITAS. Pensponsoran diperlukan sebelum izin kerja atau visa kerja dapat diproses. Perusahaan sponsor juga harus melamar pekerjaan pelamar dengan hati-hati, sesuai dengan aturan yang ditetapkan oleh Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia. Sponsor bertanggung jawab atas pelamar jika pelamar tidak dapat membayar denda.

  1. KITAS Visa Pernikahan
Baca:  Galaxy S21 Ultra Disebut Bawa 108MP yang Lebih Canggih

Selanjutnya ada jenis visa nikah KITAS. KITAS ini diperlukan jika seorang warga negara asing menikah secara resmi dengan warga negara Indonesia. Dia bisa disponsori oleh pasangannya sendiri untuk mendapatkan visa keluarga KITAS. Berbeda dengan jenis visa sebelumnya, pemilik visa ini hanya diperbolehkan tinggal dan tidak boleh mendapatkan pekerjaan selain bekerja sebagai freelancer.

Salah satu syarat wajib yang harus dimiliki adalah akta nikah resmi yang telah dilegalisir oleh pemerintah Indonesia. Sebaliknya, jika proses perkawinan berlangsung di luar negeri, diperlukan Surat Keterangan Hambatan Nikah atau CNI.

  1. Visa Pensiun KITAS

Jenis terakhir KITAS Indonesia adalah KITAS visa pensiun. Jenis visa ini tidak berlaku untuk pemilik bisnis atau pengusaha. Namun, jika pemohon telah berusia di atas 55 tahun dan ingin menghabiskan masa pensiunnya di Indonesia, pemohon dapat menggunakan visa turis terlebih dahulu. Selanjutnya, pelamar dapat mengajukan KITAS ini setelah satu bulan. Dengan KITAS ini, pelamar bisa lama tinggal di Indonesia dan juga bisa membuka rekening bank lokal.

Itulah beberapa jenis visa KITAS. Intinya, KITAS ini menjadi alat hukum bagi WNA untuk tinggal di Indonesia lebih lama karena alasan tertentu. Alasan ini bisa jadi karena tuntutan pekerjaan, pernikahan, atau menikmati masa pensiun. Masing-masing memiliki syarat dan ketentuan sendiri untuk mengajukannya.